Teori Permintaan dan Penawaran

Teori Permintaan dan Penawaran 

Teori Permintaan dan Penawaran

Teori Permintaan dan PenawaranTeori Daftar Permintaan dan Kurva Penawaran adalah Hukum Permintaan   “ Jika harga barang/jasa relatif makin rendah maka permintaan terhadap barang/jasa tersebut akan lebih besar dan sebaliknya, jika barang makin tinggi maka permintaan atas barang tersebut akan semakin menurun,cateris paribus yakni menganggap faktor-faktor lain dianggap tetap (constant)

Beberapa faktor penentu permintaan adalah :

  • Harga barang itu sendiri.
  • Harga barang lain yang berkaitan erat dengan barang tersebut.
  • Pendapatan rumah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat.
  • Corak distribusi dalam pendapatan masyarakat.
  • Cita raa masyarakat 6.Jumlah penduduk
  • Ramalan mengenai keadaan di masa yang akan datang

Daftar Permintaan

Daftar permintaan adalah suatu tabel yang memberi gambar dalam angka 2 tentang hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta masyarakat.

Contoh : permintaan terhadap buku pada berbagai tingkat harga “

Kurva Permintaan

Kurva Permintaan Adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta para pembeli.

Teori Permintaan dan Penawaran

Teori Penawaran Dan Kurva Penawaran

Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :

  • Harga barang itu sendiri
  • Harga barang – barang lain
  • Biaya produksi
  • Tujuan-tujuan operasi perusahaan tersebut
  • Tingkat teknologi yang digunakan.

Hukum Penawaran

“ Jika harga barang / jasa relatif makin tinggi maka penawaran terhadap barang / jasa tersebut akan lebih besar, dan sebaliknya, jika harga menurun maka penawaran akan ke atas barang tersebut akan semakin berkurang, cateris paribus, yakni faktor-faktor lain dianggap tetap.

Kurva Penawaran

Kurva Penawaran Adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan

Keseimbangan Pasar ( Market Equilibrium )

Keseimbangan Pasar ( Market Equilibrium ) Adalah jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual sama dengan yang diinginkan para pembeli pada 1 tingkat harga tertentu.

Secara  grafis keseimbangan pasar Terjadi di titik perpotongan kurva Permintaan dan kurva penawaran. Secara matematis keseimbangan

Pesar terjadi jika Qd = Qs.
145 – Px = 25 + Px
2Px = 120, mka Pe=60,dan Qe=85

Pergeseran dan Pergerakan Kurva Permintaan

Jika harga barang tersebut yang berubah, maka hanya terjadi prgerakan sepanjang kurva permintaan, namun apabila faktor selain harga mengalami perubahan maka akan terjadi pergeseran kurva permintaan

Teori Permintaan dan Penawaran 

Pergeseran kurva demand dari Do ke D1 Dapat terjadi jika salah satu faktor Berikut mengalami peningkatan yaitu Harga barang substitusi, pendapatan, Selera atau jumlah penduduk dan atau Terjadi penurunan haga barang Komplementer.

Pergeseran dan Pergerakan Kurva Penawaran

Jika harga barang tersebut yang berubah, maka hanya terjadi pergerakan sepanjang kurva penawaran, namun, apabila faktor selain harga mengalami perubahan maka akan terjadi pergeseran kurva penawaran.

Teori Permintaan dan Penawaran 

Pergeseran kurva penawaran dari So ke S1, dapat terjadi jika salah satu faktor berikut mengalami peningkatan yaitu harga barang substitusi, keuntungan, perbaikan teknologi, atau jumlah penduduk, dan atau terjadi penurunan harga input, dan harga barang komplementer.

Apa yg terjadi jika kurva permintaan dan penawaran berikut bergeser ?

Teori Permintaan dan Penawaran 

Empat Hukum Permintaan Dan Penawaran

  • Bergesernya kurva permintaan ke kanan atau meningkatnya permintaan menyebabkan meningkatnya keseimbangan harga dan kuantitas barang yg diperjualbelikan
  • Bergesernya kurva permintaan ke kiri atau menurunnya permintaan menyebabkan menurunnya keseimbangan harga dan kuantitas barang yang diperjualbelikan.
  • Begesernya kurva penawaran ke kanan atau meningkatnya penawaran menyebabkan menurunnya keseimbangan harga dan meningkatnya kuantitas barang yg dperjualbelikan.
  • Bergesernya kurva penawaran ke kiri atau menurunnya penawaran menyebabkan meningkatnya keseimbangan harga dan menurunnya kuantitas barang yg diperjualbelikan.

Refrensi : ISIP4112 – Pengantar Ilmu EkonomiTeori Permintaan dan Penawaran

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *