Kota sebagai Lingkungan Hidup Manusia

Kota sebagai Lingkungan Hidup Manusia

Kota sebagai Lingkungan Hidup Manusia

Kota sebagai Lingkungan Hidup Manusia Kota adalah salah satu habitat manusia yang merupakan lingkungan alam yang telah berubah secara drastik menjadi lingkungan buatan, akibat pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Batasan kota bervariasi tergantung dari sudut pandang pengamat.

Pola lokasi kota bervariasi karena banyak faktor-faktor yang mempengaruhi. Sedangkan untuk struktur ruang kota, ada tiga pola ruang kota yaitu berupa lingkaran konsentris, pola sektor, dan pola inti ganda.

Memahami kehidupan dan lingkungan hidup kota tak ubahnya kita memahami jasad hidup, yaitu jasmani kota dan rohani kota. Jasmani kota ada yang berupa metabolisme kota, peredaran makanan atau darah kota, sistem syaraf kota, dan tulang-tulang struktur kota yang berupa infrastruktur.

Dari uraian-uraian di atas dapat diketahui ciri-ciri kota dan masyarakatnya, sebagai berikut :

  1. Kota mempunyai fungsi-fungsi khusus (satu kota bisa berbeda dengan fungsi kota yang lain).
  2. Mata pencaharian penduduknya di luar agraris (non-agraris).
  3. Adanya spesialisasi pekerjaan warganya.
  4. Kepadatan penduduk relatif tinggi.
  5. Warganya relatif mobility.
  6. Tempat permukiman yang tampak permanen.
  7. Sifat-sifat warganya yang heterogen, kompleks, hubungan sosial yang impersonal dan external, serta personal segmentation, karena begitu banyaknya peranan dan jenis pekerjaan seseorang dalam kelompoknya sehingga seringkali orang tidak kenal satu sama lain, seolah-olah seseorang menjadi asing dalam lingkungannya.

Kota mempunyai fungsi-fungsi khusus (satu kota bisa berbeda dengan fungsi kota yang lain).Mata pencaharian penduduknya di luar agraris (non-agraris).Adanya spesialisasi pekerjaan warganya.Kepadatan penduduk relatif tinggi.Warganya relatif mobility.Tempat permukiman yang tampak permanen. Sifat-sifat warganya yang heterogen, kompleks, hubungan sosial yang impersonal dan external, serta personal segmentation, karena begitu banyaknya peranan dan jenis pekerjaan seseorang dalam kelompoknya sehingga seringkali orang tidak kenal satu sama lain, seolah-olah seseorang menjadi asing dalam lingkungannya.

PWKL4105 sistem sosial Kota sebagai Lingkungan Hidup Manusia

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *